Thursday, January 19, 2012

trik membentuk ratu lebah





Trik Membentuk Ratu Lebah Super

Ratu lebah super adalah ratu lebah yang dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik, yaitu membuat koloni lebah dapat hidup atau berkebang dalam waktu yang sangat lama, dengan menghasilkan telur sebanyak-banyaknya dan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu trik membuat lebah ratu dapat menghasilkan telur dengan baik adalah dengan cara membuat calon ratu/ratu yang masih perawan kawin dengan banyak pejantan agar ratu tersebut dapat mengumpulkan banyak sel sperma yang akan membuahi telur-telurnya sehingga dapat melahirkan ratu-ratu baru atau lebah pekerja yang lebih banyak.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, membuat koloni menciptakan calon lebah ratu. Caranya, larva lebah umur 2 hari dimasukkan kedalam sel khusus lebah ratu lalu biarkan sampai larva tersebut menetas atau bermetamorfosa menjadi lebah ratu dewasa.

Atau bagi yang belum mahir melakukan hal tersebut, dapat melakukannya secara sederhana dengan mengurung ratu yang masih aktif didalam kurungan khusus dan membiarkan para lebah pekerja menciptakan calon-calon lebah ratu dari sel-sel sarang yang sudah ada.

2. Kemudian, dua hari setelah ratu tersebut menetas, masukan ratu tersebut ke dalam tabung, kemudian gantung di lapangan terbuka, pastikan terdapat banyak lebah pejantan yang berasal dari koloni lain (bukan dari koloni yang sama dengan calon ratu), karena seperti halnya semut dan rayap, lebah jantan juga tidak tertarik dengan lebah perawan yang berasal dari koloni yang sama dengannya.

3. Bila tidak terdapat atau hanya sedikit lebah pejantan, sebelum ratu menetas, lebah jantan tersebut dapat dibuat dengan cara membuat lebah ratu steril atau memaksa lebah-lebah pekerja untuk bertelur (trik membuat lebah pekerja bertelur dapat dibaca pada buku Trik Sukses Beternak Lebah).

4. Ratu yang sudah dimasukkan kedalam tabung, digantung pada ketinggian 20 kaki atau +- 6,1 meter. Kemudian lebah jantan akan mengawini ratu perawan secara bergantian.
Keberhasilan dari trik ini adalah 100% karena ratu perawan yang telah dikawini oleh lebah-lebah jantan tidak kebingungan dalam mencari jalan pulang, selain itu ia juga aman dari serangan predator seperti capung atau lebah pemakan daging.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment