Thursday, January 19, 2012

tanaman pakan lebah




Tanaman Pakan Lebah

Populasi tanaman di dunia ini, selalu mengalami perubahan, perpindahan, dan pergantian. Proses perubahan ini berlangsung sangat lambat, tetapi terus menerus. Perubahan ini dinamakan evolusi organik. Penyebaran tanaman dan kontribusi aktivitas manusia di tempat itu membawa perubahan kimiawi dalam tanah yang akan mengakibatkan perubahan tanaman yang tumbuh di lahan tersebut. Tanaman bermadu pun memiliki perubahan macam dan jumlah pada suatu tempat dan suatu saat, atau musim, dari musim
paceklik sampai musim panen.

Lebah memiliki kesukaan terhadap tepung sari tertentu. Tetapi kesukaan mengumpulkan nektar ini adalah karena kandungan gulanya. Makin banyak nektar mengandung gula, makin senang lebah mengunjungi bunga tersebut. Nektar yang hanya mengandung kurang dari 4% gula tidak menarik baginya.
Lebah juga mengunjungi sejenis bunga pada waktu tertentu, sehingga karena sifat aktivitas ini, lebah membantu keberhasilan pembuahan tanaman.
Di daerah tropis, curah hujan menentukan pertumbuhan tanaman. Curah hujan dan kelembaban udara mempengaruhi hasil nektar. Pada waktu musim hujan, hasil nektar baik karena tanaman pakan lebah berbunga lebat. Bunga mengeluarkan nektar hanya pada cuaca yang sejuk sehingga sering dilihat
lebah mencari madu pada saat pagi atau sore hari. Aktifitas pada siang hari yang panas tidak dilakukan untuk mencari nektar karena bunga hanya sedikit mengeluarkan nektarnya selain itu lebah sibuk untuk mencari air guna menyejukkan sarangnya.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/1969863-koloni-dan-pakan-lebah-madu/#ixzz1Vw7XIyhj

No comments:

Post a Comment